Pantai Payangan (Payangan Beach)

Pantai Payangan (Payangan Beach)

Pantai Payangan (Payangan Beach)
Pantai Payangan - Pantai ini adalah destinasi wisata pantai yang tergolong baru di Kabupaten Jember. Pantai yang mempunyai 4 pantai, 3 bukit dan 1 pulau ini dulunya hanyalah sebuah pantai tempat nelayan lokal mencari ikan. Pantai Payangan ini mulai terkenal berawal dari kelompok Pecinta Alam Unej yang melihat ada potensi yang bagus dan menarik dari Pantai Payangan ini. Hingga pada akhirnya mereka berkoordinasi dengan pemerintah setempat untuk mulai mempromosikan dan menjadian Pantai Payangan sebagai destinasi wisata Kabupaten Jember.


Pantai Payangan (Payangan Beach)
Pesona Pantai Payangan ini terletak pada pantai utama yang memiliki pasir hitam pekat yang halus berbalut dengan adanya beberapa rimbunan rumput liar di pinggiran pantai. Deburan ombak akan terasa menakjubkan ketika berbenturan dengan karang-karang yang berada di kaki bukit yang berada di Pantai Payangan ini. Para pengunjung juga bisa berkunjung di sebuah Goa Jepang yang berada di puncak bukit pertama. Pada pantai yang kedua adalah pantai dihimpit oleh kedua bukit dimana terdapat banyak batu karang yang besar di ujung pantai ini. 


Selanjutnya sobat bisa naik ke bukit yang kedua yang merupakan bukit yang terbilang sebuah tempat yang romantis bagi yang sudah berpasangan. Sobat bisa melihat hamparan laut nan biru dan ;uas. Jika Sobat beruntung dan cuaca sangat cerah, Sobat bisa menikmati indahnya Sunset di Pantai Payangan dari bukit kedua ini. Ingat!! jangan melakukan hal yang nyeleneh karena di bukit kedua ini juga terdapat makam sesepuh warga setempat yang disyakralkan.

Pantai Payangan (Payangan Beach)


Berlanjut menuju pantai yang ketiga ini adalah pantai dimana perahu para nelayan bersandar. Sobat bisa melihat aktivitas para nelayan yang akan berangkat melaut atau pulang dari melaut dengan membawa hasil tangkapannya. Jika Sobat ingin merasakan petualangan menjaring ikan dilaut lepas bersama mereka, Sobat bisa bernegosiasi dengan nelayan setempat untuk ikut melaut. Di ujing timur Pantai Payangan ini sampailah kita pada bukit yang ketiga yang dikenal sengan sebutan Bukit Domba. Dijuluki Bukit Domba karena di area bukit terdapat beberapa domba milik masyarakat setempat yang lalu lalang. Kurang lebih 15 menit Sobat akan sampai di puncak bukit yang akan disambut dengan pemandanga pantai yang unik dan hanya ada di Pantai Payangan ini. Terlihat di sisi timur bukit ini sebuah pantai yang membentuk love yang terlihat cantik yang hanya bisa Sobat nikmati dari atas bukit. Pantai ini dijuluki Teluk Love karena bentuknya yang menyerupai bentuk hati. 

Pantai Payangan (Payangan Beach)

Akses menuju Teluk Love ini masih belum tersedia dikarenakan lokasinya yang berada di seberang muara sungai yang hanya bisa dilalui dengan perahu saja.

Lokasi Pantai Payangan terletak di sebelah timur Pantai Watu Ulo yaitu di Desa Semberejo Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Jika Sobat ingin blusukan ke Pantai Payangan ini dari arah Surabaya silahkan Sobat ikuti jalur menuju Kota Jember melalui arah Rambipuji-Mangli-Ajung-Jenggawah-Ambulu. Ikuti jalur yang sama ke arah Pantai Papuma atau Pantai Watu Ulo.
blusukan jember
Sesampainya di Jalan Papuma, Sobat tinggal ambil arah lurus saja ke arah Pantai Watu Ulo hingga bertemu dengan pertigaan lalu sobat lurus ke kiri.
blusukan jember
Ini adalah satu-satunya jalur menuju Pantai Payangan. Hingga akhirnya Sobat akan disambut oleh para tukang parkir yang menawarkan jasa mereka.
blusukan jember
Tinggal sobat atur sendiri mau menuju Pantai payangan yang sebelah mana.

Untuk akomodasi dan fasilitas lainnya di Pantai Payangan ini terbilang komplit dan masih terjangkau. Tempat parkir yang luas, warung-warung yang berjajar, tempat ibadah dan toilet sudah tersedia. Sobat juga bisa membeli hasil tangkapan para nelayan langsung di lokasi ini karena di Pantai Payangan ini terdapat tempat pengolahan ikan tuna dan ikan tambak. Jika Sobat ingin menimati Sunset pantai ini pengelola telah menyediakan lokasi perkemahan di sebelah timur di daerah rerumputan di tepi pantai ketiga atu juga bisa bernegosiasi dengan warga setempat untuk bisa menginap di rumah mereka untuk merasakan kehangatan dan kearifan warga setempat.


Harga Tiket Masuk
Harga Tiket Parkir
Fasilitas

Pengelola
Telepon
: ± Rp 5.000,-
: Motor Rp 5.000,-       Mobil Rp 10.000,-
: Tempat Parkir, Rumah Makan, Toko Souvenir,
  Perkemahan, Tempat Ibadah, Toilet
Masyarakat 
:  -


2 Komentar

  1. Jember cukup terkenal dengan pantai-pantainya yang indah dan salah satunya adalah pantai papuma dan payangan. Pantai ini masih asri karena belum terlalu banyak dikunjungi wisatawan, selain view pantainya yang indah tidak lengkap kalau tidak mendaki bukit yang berada di sekitar pantai ini, untuk menikmati keindahan alamnya yang mempesona.

    Travel Malang Jember

    BalasHapus
  2. Salah satu spot wajib jika anda berkunjung ke jember, dari pantai ini, kalian bisa liat penampakan teluk berbentuk love, tapi harus naik keatas bukit dulu. tiket masuk masih belum ada, mungkin cuma parkir 5rb untuk motor. view bebatuan seperti di foto juga bisa didapatkan. meskipun pantai nya berpasir hitam, namun tetep bagus
    --
    Travel Malang Jember

    BalasHapus