Perkebunan Teh Gunung Gambir (Green Tea Plantations)

Perkebunan Teh Gunung Gambir (Green Tea Plantations)

Perkebunan Teh Gunung Gambir (Green Tea Plantations)

Perkebunan Teh Gunung Gambir (Green Tea Plantations) - Merupakan salah satu destinasi wisata yang sebenarnya pada awalnya hanyalah sebuah perkebunan teh yang ditanam pada tahun 1918, 1923 dan 1927 yang dikelola oleh PT. Perkebunan Nusantara XII. Perkebunan ini merupakan peninggalan dari masa kolonial Belanda sejak tahun 1918 dan berada di ketinggian 900 M dari permukaan laut. Memang tak banyak yang mengetahui keberadaan kebun teh ini bahkan warga jember sendiri. Lokasinya yang berada lereng Gunung Argopura tersebut membuat wisatawan kurang mengenal Perkebunan Teh Gunung Gambir ini. Lereng Gunung Argopuro ini memang memiliki tanah dan udara yang ideal untuk sebuah perkebunan teh, terutama yang ada diperkebunan teh gunung Gambir ini, disini dikembangkan 8 jenis teh yang dikenal juga dengan teh bir atau “bir tea”.
Perkebunan Teh Gunung Gambir (Green Tea Plantations)

Lokasi Kebun Teh Gunung Gambir Jember berada di Desa Gelang, Kecamatan Sumber Baru, Kabupaten  Jember. Tepatnya berada di Lereng pegunungan Argupuro yang berjarak sekitar 48km dari pusat kota Jember. Perkebunan teh ini menawarkan pemandangan yang indah dengan hamparan alam hijau tanaman teh yang menghiasi kiri dan kanan selama perjalanan. Ditambah lagi dengan segarnya udara di kawasan perkebunan teh yang bebas polusi membuat para wisatana merasakan suasana yang sejuk dan segar. 

Perkebunan Teh Gunung Gambir (Green Tea Plantations)
Ada kalanya jika kita beruntung kita bisa menyaksikan langsung proses pemetikan teh hingga proses pengolahan teh dimana hasil dari teh perkebunan ini cukup terkenal dan telah di ekspor hingga mancanegara. Namun sayangnya karena proses pengolahan teh dipabrik gunung gambir ini sudah tidak beroperasi lagi dengan alasan efisiensi dan untuk pengolahan hasil perkebunan teh di afdeling gunung Gambir ini dialihkan ke Guci Alit, sehingga proses para buruh pemetik teh sudah jarang ditemui meskipun ada beberapa pemetik yang digunakan sebagai teh lokal. 

Perkebunan Teh Gunung Gambir (Green Tea Plantations)

Meskipun demikian Perkebunan Teh Gunung Gambir tetap menarik menjadi lokasi tujuan wisata. Hamparan kebun teh yang hijau dengan udara yang sejuk serta perkebunana karet yang rimbun dan rindang sangatlah cocok berwisata bersama kerabat, teman dan keluarga. Disamping keindahan perkebunana teh tersebut PT. Perkebunan Nusantara XII juga telah menyediakan fasilitas-fasilitas penunjang yang memadai bagi para wisatawan yang ingin berkunjung dan menginap atau berkemah di perkebunan teh ini. Fasilitas tersebut meliputi Kolam Renang, Tea Walk (jalan-jalan di kebun teh), Penginapan, Camping Ground, Gedung Pertemuan, Lapangan Volly dan Gedung Olahraga Badminton. 





Perkebunan Teh Gunung Gambir (Green Tea Plantations)

Bagi sobat blusuker yang ingin berwisata ke Perkebunan Teh Gunung Gambir ada baiknya persiapkan fisik dan mental pribadi dan jangan lupa cek fisik kendaraan anda. Jalan menuju Perkebunan Teh Gunung Gambir memang agak sedikit rusak sehingga kondisi inilah yang akan menguras tenaga kita. So langsung saja jika sobat berangkat dari Jember langsung menuju arah barat lewat Sumberbaru

blusukan jember

atau bisa juga jika ingin menikmati jalan yang agak cepat dan lurus bisa ngebut ikuti jalur utama Tanggul - Jatiroto belok kanan.
blusukan jember
Yang berangkat dari arah Lumajang atau Surabaya bisa lewat Pom Klalah belok ke arah timur dengan tujuan Randu Agung - Kaliduren. Semua arah akan bertemu di desa Kaliduren yang selanjutnya menuju desa Gelang yang berada di puncak gunung. 4km awal masih terasa ringan dan mudah, hingga sampai di pertigaan Jl. PTPN XII Gn. Gambir di sinilah perjalan kita selama 12km akan diuji kesabarannya serta ketahanan fisik kita. 
blusukan jember
Ini adalah satu jalur menuju Perkebunan Teh Gunung Gambir. Jika sobat masih merasa ragu jangan malu untuk bertanya kepada penduduk setempat. Semoga selamat sampai tujuan.



Harga Tiket Masuk
Harga Tiket Parkir
Fasilitas


Pengelola
Telepon
: ± Rp 10.000,-
: Motor Rp 0.000,-       Mobil Rp 0.000,-
: Perkebunan Teh, Penginapan, Kolam Renang,        Camping Ground, Lapangan Volly, Gedung             Pertemuan, Gedung Olahraga
PTPN XII Jember
:  +62 331 486861


17 Komentar

  1. jalan rusaknya separah apa? pake motor matic masih bisa g?

    BalasHapus
  2. Boleh juga tuh sebagai opsi destinasi wisata di akhir pekan :v

    mapir bw sini gan www.amaterasublog.com

    BalasHapus
  3. Gimana gan keadaan gunung gambir sekarang?? Denger" rusak atau longsor iya kah?

    BalasHapus
  4. Soalnya besok saya rencana mau kesitu nihh

    BalasHapus
  5. Jalannya gimana sekarang?mobil apa bisa masuk?

    BalasHapus
  6. Gmn jalannya ya, apa terimbas longsor?

    BalasHapus
  7. Jalannya masih bisa di lewati kok, motor matic banyak yg naik, saya pakai avanza bisa naik bahkan sampai kolam renangnya.

    BalasHapus
  8. Suasana stlh smpe di atas bagus bgt. Subhanallah... Hanya jalannya saja di 4 km terakhir sblm puncak, jalan rusak paraaah bgt, hanya bebatuan saja spt sungai kering kshan mobilnya,jalan sempit hrs mngalah jk papasan. Lumayan bikin pegelll dg jlnan spt itu. Smg Ibu Bupati sgra memperhatikan destinasi wisata yg bs mjd DTW unggulan kab Jember shg menaikkan PDB.

    BalasHapus
  9. Tujuan ke puncak kolam remang apa bs dg mobil matic..jalan apa mudah dilalui dan apa ada penginapannya??

    BalasHapus
  10. baru kemarin kesana....keren tempatnya, sejuk....ada beberapa spot buat foto.....ada penginapan berupa homestay, ada kolam renang, ada air terjun.... kurangnya cuma satu.....akses jalan 2-3 kilo terakhir berupa bebatuan, kata pengelola sih bulan mei bakal di aspal sampai atas....kalo jalan sebelumnya sih udah mulus meskipun agak sempit. recommended deh pokoknya !!!!

    BalasHapus
  11. wah keren ini, kalau di bandung banyak kebun teh, pangalengan, ciwidey, lembang...

    BalasHapus
  12. wah keren ini, kalau di bandung banyak kebun teh, pangalengan, ciwidey, lembang...

    BalasHapus
  13. Mantab buat referensi liburan nih~

    BalasHapus
  14. Utk bis apa bisa masuk?

    BalasHapus
  15. Apa ada lokasi camping nya ya kalau villa berapa ya harganya ?

    BalasHapus