5 Wisata Air Terjun Indah di Lombok, Panorama Alamnya Bikin Betah

Di antara beberapa objek wisata yang terkenal di Lombok seperti Gunung Rinjani, pantai dan resort-nya, air terjun di Lombok juga memiliki pemandangan yang tak kalah indah dan juga menjadi salah satu magnet bagi para wisatawan yang datang ke Lombok.

Berikut 5 referensi wisata air terjun indah di Lombok, panorama alamnya bikin betah yang wajib kamu kunjungi.

1. Air Terjun Sendang Gile

5 Wisata Air Terjun Indah di Lombok, Panorama Alamnya Bikin Betah

Berada dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani tepatnya di desa Senaru, Lombok Utara, air terjun Sendang Gile diyakini merupakan aliran air yang berasal dari Danau Segara Anak. Ketinggian air terjun Sendang Gile kurang lebih 600 meter dengan kedalaman sekitar 31 meter dari dasar sungai. Karakteristik air terjun Sendang Gile begitu unik yaitu memiliki dua tingkat.

Tingkat pertama dari atas tebing, mengalir jatuh langsung ke dasar kolam yang berada di bawahnya. Tingkat kedua adalah kolam yang terbentuk dari tingkat pertama dan airnya meluncur ke bawah sehingga membentuk sungai di bawahnya. Nama Sendang Gile berasal dari cerita bahwa dulunya warga setempat menemukan tempat ini di saat sedang berburu singa yang biasa disebut dengan singa gile.

Menjadi primadona di Lombok Utara, sudah pasti keindahan alam air terjun Sendang Gile tidak diragukan lagi. Rimbunnya pepohan, suasananya yang asri, disertai udara yang sejuk mampu membuat pengunjung betah berlama-lama menikmati keelokan air terjun Sendang Gile. Disana pengunjung juga bisa menikmati kesegaran air terjun Sendang Gile dengan bermain air atau berendam.

2. Air Terjun Tiu Teja

5 Wisata Air Terjun Indah di Lombok, Panorama Alamnya Bikin Betah

Tiu Teja adalah air terjun yang menawarkan keindahan romantis yang berlokasi di Pulau Lombok Utara, tepatnya di Desa Santong. Karena keelokannya, air terjun ini selalu menjadi incaran para wisatawan lokal maupun mancanegara. Panorama alam yang indah menjadi magnet daya tarik wisatawan. Setiap harinya tempat wisata air terjun Tiu Teja tidak pernah sepi pengunjung.

Terdapat dua air terjun yang saling berdampingan, air Terjun Tiu Teja sering disebut sebagai Air Terjun Kembar. Keindahan yang ditawarkan air Terjun Tiu Teja selain alamnya yang begitu asri nan sejuk menenteramkan jiwa adalah adanya pelangi yang terbentuk dari sorot cahaya matahari menembus bulir-bulir air yang dibiaskan.

Nuansanya menjadi semakin indah ditambah dengan sensasi kabut yang dihasilkan dari semburan air yang jatuh dari ketinggian 50 meter. Berpadu membentuk pesona yang mampu mengobati lelah dan jenuhnya dari aktivitas padat. Debit air terjun Tiu Teja cukup deras, pengunjung bisa menikmati kesejukan butiran air terjun dari jarak 10 meter dari titik jatuhnya air.

 

3. Air Terjun Benang Stokel

5 Wisata Air Terjun Indah di Lombok, Panorama Alamnya Bikin Betah

Terletak di Dusun Pemotoh, Desa Aik Berik, Lombok Tengah, terdapat 2 air terjun yang mengalir bersamaan sekaligus yaitu air terjun Benang Stokel. Dinamai dengan Benang Stokel yang berarti segumpal benang karena bentuk air terjun ini seperti benang yang diikat menyatu. Air terjun ini berada pada ketinggian 552 mdpl dan masuk kawasan Wisata Taman Nasional Gunung Rinjani.

Keunikan lain yang ditawarkan air terjun ini selain 2 aliran air terjun yaitu debit air terjunnya yang berbeda. Untuk Debit air terjun di sebelah kiri memiliki debit air yang lebih besar dibandingkan yang kanan dan tepat di bawah air terjun terdapat kolam kecil tempat penampungan curahan air yang jatuh dari atas.

Alamnya yang masih asri, udara yang sejuk dan kicauan burung berpadu dengan deburan air terjun yang mengalir mampu membuat pikiran segar kembali. Di sini pengunjung juga dapat menikmati kesegaran air terjun Benang Stokel dengan berendam di kolam kecil air terjun Benang Stokel dengan aman.

4. Air Terjun Tiu Candi

5 Wisata Air Terjun Indah di Lombok, Panorama Alamnya Bikin Betah

Berbeda dengan akses menuju ke sejumlah air terjun lainnya yang harus menyusuri hutan, ladang dan area persawahan, pintu wisata air terjun Tiu Candi terletak tepat di sebelah kiri jalan samping Kantor Desa Sambik Elen yang berada di pinggir jalan raya utama KLU menuju Lombok Timur. Meskipun akses terbilang mudah, air terjun Tiu Candi menjadi primadona baru di Lombok Utara.

Dinamai dengan Tiu Candi karena kontur alam lokasi Tiu Candi berupa bebatuan yang mirip dengan candi. Beberapa batuan besar yang tersusun memberikan kesan arsitektur seperti bangunan candi. Kondisi bebatuan di lokasi ini tidak terlalu terjal sehingga mudah dan aman untuk diakses wisatawan.

Panorama keindahan bebatuan besar yang bertumpuk secara alami dengan goresan alam yang khas, Aliran air terjun yang terbagi dua terpisahkan batu sehingga menciptakan dua pancuran air setinggi sekitar 10 meter,  juga kolam yang berada di bawah pancuran air terjun dengan kedalaman rendah sehingga bisa digunakan wisatawan untuk berendam, siap memanjakan pengunjung.

5. Air Terjun Tiu Pupus

5 Wisata Air Terjun Indah di Lombok, Panorama Alamnya Bikin Betah

Berlokasi di Dusun Kerurak Desa Genggelang, Lombok Utara, air terjun Tiu Pupus menyuguhkan kesegaran bagi pengunjung yang datang. Nama Tiu pupus memiliki arti yang bermakana yaitu Tiu berarti genangan air sedangkan pupus artinya sebuah akar yang tampak dari sebatang pohon di tebing sungai.

Air terjun Tiu Pupus memiliki ketinggian sekitar 50 m dan kedalaman kolam 4 meter. di saat musim hujan debit air terjun Tiu Pupus sangat deras. Daya tarik keindahan air terjun pupus terletak pada alam sekitar yang nampak asri dan terjaga,juga warna airnya yang biru. Keberadaan aneka tanaman bunga yang diatur dengan rapi seperti taman di sekitar area air terjun berhasil menambah indahnya pemandangan air terjun.

Kalau kamu suka mengunjungi air terjun dan berniat pergi ke Lombok, gak perlu bingung lagi kan mau ke mana?



from IDN Times
via If This Then That

0 Komentar