9 Spot Wisata di Indonesia yang Dijuluki Miniatur Grand Canyon 

Kamu pasti sudah gak asing lagi dengan Grand Canyon. Ini adalah sebuah ngarai, yang seperti namanya, berukuran besar dan terletak di Sungai Colorado, AS. Punya view eksotis, Grand Canyon sering disebut sebagai salah satu keajaiban dunia.

Nah, kalau kamu belum punya kesempatan pergi ke Grand Canyon, gak perlu murung dulu. Di Indonesia, ada beberapa spot liburan yang punya view mirip Grand Canyon. Penasaran? Ini miniatur Grand Canyon di dalam negeri.

1. Green Canyon, Pangandaran

9 Spot Wisata di Indonesia yang Dijuluki Miniatur Grand Canyon 

Tempat ini sebenarnya bernama asli Cukang Taneuh. Namun, karena banyak yang mengatakan sangat mirip dengan Grand Canyon di Sungai Colorado, lantas tempat wisata ini lebih terkenal dengan sebutan Green Canyon.

Terletak di Desa Kertayasa, Cijulang, Pangandaran, ini adalah aliran sungai hijau toska yang melintas menembus gua yang penuh stalaktit dan stalakmit elok. Diapit dua bukit, dan pepohonan yang rimbun, gak aneh jika kemudian tempat ini punya view yang oke.

2. Kedung Cinet, Jombang

9 Spot Wisata di Indonesia yang Dijuluki Miniatur Grand Canyon 

Spot wisata lainnya yang kerap disebut sebagai miniatur Grand Canyon dapat kamu temukan di Jombang. Bernama Kedung Cinet, lokasinya tersembunyi di tengah hutan, tepatnya di Desa Klithih, Kecamatan Plandaan, Jombang.

Sebelum sampai ke tempat ini, kamu akan dimanjakan dengan view sawah dan kebun penduduk selama perjalanan. Setelah itu, kamu bisa menemukan sebuah sungai jernih yang terletak di antara bebatuan dengan alur meliuk-liuk.

3. Ranto Canyon, Brebes

9 Spot Wisata di Indonesia yang Dijuluki Miniatur Grand Canyon 

Namanya mungkin agak-agak menggelitik. Namun, ketika kamu sudah sampai di Ranto Canyon, kamu bakal mengagumi keindahan yang disodorkan. Oh ya, spot ini berlokasi di Desa Winduasri, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes.

Ranto Canyon sendiri bisa dibilang sebagai spot wisata sungai yang eksotis sekaligus menantang. Kegiatan rutin di sini adalah body rafting menaklukkan trek sejauh 769 meter. Di tengah perjalanan, ada air terjun setinggi 20 meter yang menakjubkan.

4. Bendungan Kampili, Gowa

9 Spot Wisata di Indonesia yang Dijuluki Miniatur Grand Canyon 

Sebagai destinasi wisata, mungkin nama Gowa kurang begitu bergaung. Namun, itu bukan berarti kabupaten yang berada dekat Kota Makassar ini gak punya spot ciamik. Kalau gak percaya, kamu bisa datang ke Bendungan Kampili.

Berada di Pallangga, oleh warga setempat, bendungan ini sering disebut sebagai miniatur Grand Canyon. Karena, waduk ini punya banyak batu berukuran besar dan berlubang, yang menjadi akses air sungai jernih mengalir di bawahnya.

5. Cunca Wulang, Labuan Bajo

9 Spot Wisata di Indonesia yang Dijuluki Miniatur Grand Canyon 

Provinsi NTT gak cuma mengandalkan Pulau Komodo untuk menarik minat wisatawan. Di Pulau Flores, terdapat banyak surga tersembunyi yang punya pemandangan keren, salah satunya Cunca Wulang yang terletak di antara Labuan Bajo dan Ruteng.

Cunca Wulang sendiri merupakan sebuah air terjun yang punya aliran air jernih berwarna hijau toska. Diapit bebatuan besar, lanskap Cunca Wulang memang mirip dengan Grand Canyon. Jadi, kalau ke Labuan Bajo, jangan lewatkan spot yang satu ini.

6. Green Canyon, Lahat

9 Spot Wisata di Indonesia yang Dijuluki Miniatur Grand Canyon 

Kabupaten Lahat yang berada di Sumatera Selatan memang punya sejuta pesona yang sayang dilewatkan. Di sini, kamu bisa menemukan air terjun, situs megalit, Bukit Serelo, hingga miniatur Grand Canyon bernama Green Canyon Lahat.

Memang, pesona yang ditawarkan tempat ini mirip Grand Canyon dalam skala lebih mini. Aliran air yang bermuara di Sungai Lematang berpadu indah dengan bebatuan besar abu-abu kehitaman, yang gak cuma cocok buat foto, tetapi juga basah-basahan.

7. Air Terjun Sri Gethuk, Gunung Kidul

9 Spot Wisata di Indonesia yang Dijuluki Miniatur Grand Canyon 

Objek wisata lainnya di dalam negeri yang juga kerap disebut sebagai Grand Canyon mini adalah Air Terjun Gethuk. Lokasinya berada di Desa Wisata Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Kenapa tempat ini disebut sebagai miniatur Grand Canyon, karena punya air terjun yang jernih, yang terus mengalir tanpa henti. Airnya juga sangat bening, dengan warna hijau. Terkadang, muncul pelangi yang elok di tempat ini.

8. Air Terjun Luweng Sampang, Gunung Kidul

9 Spot Wisata di Indonesia yang Dijuluki Miniatur Grand Canyon 

Masih di kawasan Gunung Kidul, spot liburan lainnya yang sering dikatakan sebagai tiruan Grand Canyon adalah Air Terjun Luweng Sampang. Ini adalah air terjun yang terletak di Desa Sampang, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunung Kidul.

Punya keindahan yang disebut-sebut setara dengan Green Canyon di Pangandaran, daya tarik utama tempat ini gak cuma air terjun jernih berwarna hijau. Batu besar di sekitar curug punya view kece, terlihat beralur seolah sengaja dilukis.

9. Hidden Canyon Beji Guwang, Gianyar

9 Spot Wisata di Indonesia yang Dijuluki Miniatur Grand Canyon 

Bali seolah gak pernah kehabisan lokasi untuk memanjakan liburan wisatawan, baik lokal maupun asing. Selain pantai yang eksotis, Pulau Dewata juga punya banyak wisata alam lainnya yang gak kalah cantik, salah satunya Hidden Canyon Beji Guwang.

Berada di Desa Guwang, Gianyar, ini adalah ngarai tersembunyi yang menampilkan aliran air sungai berpadu dengan tebing bebatuan yang tinggi. Kamu juga bisa menyaksikan aneka ikan yang sengaja disebar pengelola untuk mempercantik suasana.

Nah, itu tadi deretan Grand Canyon lokal yang dapat kamu temukan di Indonesia. Sudah berencana pergi ke mana yang mana, nih?



from IDN Times
via If This Then That

0 Komentar