Memanjakan Lidah Dengan Kuliner Murah Dan Asyik Di Pasar Beringharjo

Setelah puas belanja batik dan oleh-oleh di Pasar Beringharjo, tidak ada salahnya melanjutkan wisata kamu dengan mencicipi beragam kuliner unik dan istimewa di salah satu pasar paling ikonik di Yogyakarta ini?

Faktanya, dari ribuan pelapak yang mengadu nasib di pasar yang berada tepat di sebelah Benteng Vredeburg tersebut, lebih dari seperempatnya berjualan beragam jenis makanan untuk memanjakan setiap pengunjung. Kamu bisa menemukan kuliner dengan cita rasa pedas, manis, gurih dan banyak lagi lainnya di Pasar Beringharjo.

Bagi yang tertarik menikmati dan berwisata kuliner di Pasar Beringharjo, sekaligus mengisi perut dan memanjakan lidah setelah puas berbelanja batik dan oleh-oleh untuk sanak saudara, inilah sejumlah rekomendasi tempat makan yang ngehits dan wajib masuk dalam daftar itinerary wisata kamu. Cekidot, ya!

1. Murah meriah, sate kere Mbah Suwarni

Image credit: @jogjakakilima

Sate yang ini enaknya dimakan selagi hangat. Maklum, bahan utamanya merupakan lemak/gajih sapi yang diberi bumbu rempah dan kecap, yang kemudian dibakar di atas arang api. Jika dingin, sate kere sangat tidak sedap untuk dimakan.

Image credit: @jajanyogya

Teksturnya kenyal dengan cita rasa manis dan gurih. Kamu juga bisa menikmati sate ini dengan lontong atau ketupat. Harganya sangat terjangkau, khas harga Jogja. Tertarik mencoba?

Lokasi: Pintu masuk sisi selatan Pasar Beringharjo
Jam buka: Setiap hari, 08.00 hingga 15.30
Harga: 2,500 IDR per tusuk

2. Warung empal Bu Warno yang fenomenal

Image credit: @hgb.alim

Termasuk salah satu kuliner legendaris di Pasar Beringharjo. Bertahan hingga beberapa dekade, empal Bu Warno memiliki kualitas yang mengesankan. Daging empal yang disajikan empuk. Cara memasak empal ini juga masih dengan cara konvensional, menggunakan tungku kayu, direbus selama enam jam sebelum kemudian didiamkan semalaman sehingga bumbu meresap sempurna.

Image credit: @jogjabikinlaper (kiri), @makanandit (kanan)

Menikmati seporsi empal Bu Warno juga sangat sederhana, dengan hanya nasi hangat dan kecap. Namun, kenikmatannya bisa mengalahkan sajian resto bintang lima. Berlebihan? Silakan coba sendiri untuk membuktikannya.

Lokasi: Lantai dua, los timur Pasar Beringharjo
Jam buka: Setiap hari, 08.00 hingga 15.30
Harga: 11,000 hingga 17,000 IDR

3. Kesegaran yang mengesankan di Es Dawet Mbah Hari

Image credit: @photoexploreid

Bagi yang sudah lelah dan capek berkeliling kawasan Malioboro, kamu wajib mampir ke warung Es Dawet Mbah Hari di Pasar Beringharjo untuk mengembalikan kesegaran.

Image credit: @jogjakakilima

Berjualan sejak 1965, Mbah Hari menyajikan es dawet dengan cita rasa tradisional. Proses pembuatan bahan-bahan dawet juga tidak menggunakan mesin sama sekali. Alhasil, campuran cendol, cincau, santan, cairan gula jawa, nangka dan es batu menghadirkan es dawet yang menyegarkan. Maknyes!

Lokasi: Dekat pintu masuk bagian depan pasar Beringharjo
Jam buka: Setiap hari, mulai 09,00 hingga 15.00 WIB
Harga: Mulai dari 5,000 IDR per porsi

4. Gado gado Bu Hadi, salad Jogja yang melegenda

Image credit: @fauzanhanifsh

Yang doyan dengan sayuran, tidak ada salahnya mencoba kuliner gado-gado. Salah satu lokasi terbaik untuk menikmati kuliner ini di kawasan Malioboro adalah dengan bertandang ke warung Gado-Gado Bu Hadi.

Image credit: @streetfoodstories

Berada di pasar Beringharjo Lantai 2, gado-gado ini layak masuk dalam daftar itinerary wisata kuliner di Malioboro kamu karena yang disajikan dijamin enak dan berkualitas. Satu porsi gado-gado bermaterikan ketupat, kentang, selada, kecambah, tomat, timun, telur dan kerupuk udang dengan siraman bumbu kacang yang hangat memberikan kemewahan rasa di setiap suapannya. Kamu harus coba!

Lokasi: Pasar Beringharjo lantai 2
Jam buka: Setiap hari, mulai 09.00 hingga 15.30 WIB
Harga: Mulai dari 12,000 IDR per porsi

5. Dilarang baper menikmati Pecel Senggol

Image credit: @red82swan

Kira-kira, sudah tahu alasan mengapa kuliner yang cukup ngehits di Pasar Beringharjo ini disebut pecel senggol? Jika jawaban kamu adalah karena tempat makannya yang terbatas, membuat penikmat makanan ini harus bersenggolan dengan pengunjung pasar yang berlalu lalang, kamu benar.

Image credit: @rolichi3

Terlepas dari itu, ada kenikmatan tersendiri menikmati pecel senggol ini. Bakmi dan sayuran yang diguyur sambal kacang pedas gurih, ditemani lauk baceman menjamin penikmatnya akan puas.

Lokasi: Depan pintu masuk Pasar Beringharjo
Jam buka: Setiap hari, 08.00 hingga 16.00
Harga: Mulai dari 8,000 IDR per porsi (pecel polos)

6. Sup Kembang Waru, kuliner ikonik Pasar Beringharjo

Kuliner ini menjadi salah satu yang unik di Pasar Beringharjo. Konon kabarnya, hanya di pasar ini sup kembang waru bisa ditemukan di kota Jogja.

Image credit: @jogjakakilima

Potongan kentang, wortel dan rolade berbentuk bunga waru yang menjadi identitas sup ini. Dengan kuah kaldu sapi yang panas, plus taburan seledri dan bawang goreng, sup dari Jawa Barat ini menghadirkan cita rasa yang sulit untuk digambarkan.

Lokasi: Lantai 2, kuliner metro Pasar Beringharjo
Jam buka: Setiap hari, 10.00 hingga 16.00
Harga: 10,000 IDR per porsi

7. Nasi Soto Pithes Mbah Galak yang ramah di kantong

Soto Pithes Mbah Galak terkenal karena penjual generasi pertama cukup galak kepada pelanggan. Penjual sekarang jauh lebih ramah. Namun, kualitas rasa terus dijaga sampai saat ini.

Image credit: @mrachefo

Di warung soto ini, kamu bisa memilih antara daging sapi atau ayam. Soto sendiri disajikan dengan cabe pedas dilumatkan terlebih dulu di bibir mangkok, sebelum kemudian semua isian soto dimasukkan dan diguyur kuah soto yang panas, gurih dan nikmat. Tidak ada sambal di warung ini, namun kamu masih bisa menemukan tambahan lauk seperti tempe dan baceman serta kerupuk, peyek dan keripik tempe sebagai pendamping.

Lokasi: Lantai 1 Pasar Beringharjo
Jam buka: Setiap hari, 7.00 hingga 15.00
Harga: 9,000 IDR per porsi

8. Pecel Lontong Mbak Sri Cilik yang bergizi

Untuk kamu yang tertarik dengan kuliner salad khas Jawa, alias pecel, Pecel Lontong Mbak Sri Cilik adalah santapan yang harus kamu coba.

Image credit: kotajogja

Dengan beragam sayuran dari daun pepaya hingga bunga turi, plus lontong sebagai pengganti nasi, kamu akan mendapatkan sajian yang lezat dan bergizi dengan harga yang terjangkau. Kedai ini berada di depan Pasar Beringharjo yang memiliki berbagai macam oleh-oleh khas Jogja.

Lokasi: Depan Pasar Beringharjo
Harga: 12.000 IDR per porsi, ditambah es teh dan tempe mendoan

Baca juga: 15 Jajanan Kaki Lima Di Jogja Yang Murah, Enak Dan Harus Kamu Coba

Punya rekomendasi lain dari kuliner di Pasar Beringharjo? Mengapa tidak berbagi dengan kami dengan mengisi kolom komentar yang tersedia?

The post Memanjakan Lidah Dengan Kuliner Murah Dan Asyik Di Pasar Beringharjo appeared first on TripZilla Indonesia.



from Inspirasi Berlibur – TripZilla Indonesia
via If This Then That

0 Komentar