Suka Traveling, Ini 10 Cara Menghindari Jet Lag Saat Berpergian Jauh

Pergantian zona waktu bisa menyulitkan kondisi tubuh kamu. Semakin drastis perubahan waktu, semakin besar kamu kemungkinan kamu untuk mengalami jet lag. Ketidak mampuan tubuh dalam menyesuaikan diri dengan zona waktu yang baru dapat menyebabkan tubuh kamu mengalami kelelahan dan kebingungan.

Jet lag biasanya ditandai dengan rasa lelah dan rasa mengantuk pada pagi atau siang hari, dan kamu akan merasa kesulitan tidur pada malam hari. Jet lag bisa membuat kamu sulit untuk menikmati lingkungan sekitar saat liburan, atau sulit untuk membuat keputusan jika kamu sedang dalam perjalanan bisnis.

Untuk membantu menjaga tubuh kamu agar tetap pada jalurnya, berikut ini adalah 10 cara yang bisa kamu lakukan untuk menghindari jet lag ketika kamu melakukan perjalanan udara yang panjang.

1. Sesuaikan kebiasaan tidur kamu

Suka Traveling, Ini 10 Cara Menghindari Jet Lag Saat Berpergian Jauh

Sekitar satu minggu sebelum kamu berpergian, sebisa mungkin secara perlahan-lahan ubahlah waktu tidur kamu sesuai dengan tujuan yang akan kamu tuju, sehingga tubuh kamu tidak akan mengalami kelelahan atau mengantuk pada siang atau pagi harinya saat di tempat tujuan.

2. Tidurlah dengan nyenyak

Suka Traveling, Ini 10 Cara Menghindari Jet Lag Saat Berpergian Jauh

Sebelum kamu bepergian, tidurlah dengan nyenyak di malam hari. Jika kamu mempersiapkan diri lebih awal untuk perjalanan kamu dengan istirahat yang cukup, kamu bisa terhindar dari gangguan tidur yang dapat merusak waktu perjalanan liburan atau perjalanan bisnis kamu.

3. Berolahraga

Suka Traveling, Ini 10 Cara Menghindari Jet Lag Saat Berpergian Jauh

Ketika di bandara cobalah lakukan olahraga ringan, kamu bisa berjalan-jalan sebelum naik ke pesawat. Begitu berada di pesawat, lakukan peregangan di kursi dan bangun sesekali untuk menjaga sirkulasi tubuh kamu tetap bergerak.

4. Hindari kafein

Suka Traveling, Ini 10 Cara Menghindari Jet Lag Saat Berpergian Jauh

Konsumsi kafein yang tidak tepat waktu dapat membuat jet lag bertambah buruk. Ini bisa memaksa tubuh kamu untuk sering bangun dan mempersingkat waktu tidur kamu. Hindarilah kafein sebelum dan selama penerbangan kamu.

5. Tetap terhidrasi

Suka Traveling, Ini 10 Cara Menghindari Jet Lag Saat Berpergian Jauh

Hindarilah minuman kopi dan soda, banyaklah minum air putih untuk menjaga tubuh kamu tetap terhidrasi agar tubuh kamu terasa segar. Jika tubuh kamu tetap terhidrasi selama perjalanan, ini bisa membantu kamu untuk mencegah jet lag.

6. Pilih tempat duduk dekat jendela

Suka Traveling, Ini 10 Cara Menghindari Jet Lag Saat Berpergian Jauh

Kursi dekat jendela memberi kamu kesempatan lebih baik untuk kamu bisa beristirahat di pesawat karena kamu tidak akan terganggu oleh orang sekitar kamu yang entah itu bangun dari tempat duduknya untuk ke toilet atau lainnya. Semakin nyaman tempat duduk kamu, semakin mudah kamu untuk beristirahat dan menutup mata.

7. Matikan handphone atau tablet kamu

Suka Traveling, Ini 10 Cara Menghindari Jet Lag Saat Berpergian Jauh

Untuk bisa tidur di pesawat, sebaiknya kamu matikan handphone atau tablet. Layar handphone yang tetap menyala bisa menstimulasi pikiran kamu untuk tetap menggunakannya sekedar bermain game atau lainnya, yang dapat membuat kamu lebih sulit untuk beristirahat dan tertidur ketika malam hari.

8. Hindari tidur siang

Suka Traveling, Ini 10 Cara Menghindari Jet Lag Saat Berpergian Jauh

Usahakan untuk tidak melakukan tidur siang ketika kamu merasa kelelahan, sebisa mungkin tetaplah bangun sampai waktu tidur normal sehingga tubuh kamu dapat menyesuaikan diri waktu tidur kamu dengan waktu setempat.

9. Cobalah untuk mendapatkan sinar matahari

Suka Traveling, Ini 10 Cara Menghindari Jet Lag Saat Berpergian Jauh

Ketika kamu tiba, usahakan untuk keluar ruangan dan dapatkan sinar matahari sebanyak-banyaknya. Berada di bawah sinar matahari alami akan membantu tubuh kamu mengatur ulang jam waktu secara alami. Jika kamu tiba di malam hari, tidurlah bahkan jika kamu merasa tidak mengantuk, dan cobalah untuk mendapatkan sinar matahari keesokan paginya.

10. Atur pola makan kamu

Suka Traveling, Ini 10 Cara Menghindari Jet Lag Saat Berpergian Jauh

Aturlah pola makan kamu saat kamu dalam perjalanan dan setelah kamu tiba di tempat tujuan. Hindarilah makanan yang bisa menyebabkan tubuh kamu dehidrasi, seperti kopi dan makanan yang asin-asin, yang dapat mempengaruhi jam tidur kamu.

Perlu juga kamu ketahui, ketika tiba di tempat tujuan, cobalah mandi air hangat dan lembapkan kulit kamu yang kering saat di pesawat, serta pastikan kamu minum banyak air, dua kali dari apa yang biasanya kamu konsumsi. Memahami cara untuk menghindari mencegah jet lag adalah salah satu dari banyak hal yang harus kamu teliti sebelum bepergian jauh agar tidak merusak waktu berharga kamu nantinya.



from IDN Times
via If This Then That

0 Komentar