7 Pemakaman Bawah Tanah yang Indah Sekaligus Menyeramkan 

Jika bosan dengan wisata yang itu-itu aja, kamu bisa coba sebuah wisata yang indah tapi juga menegangkan. Coba kunjungi catacombs atau dalam bahasa Indonesia 'katakomba'.

Katakomba adalah sebuah pemakaman yang letaknya berada di bawah tanah. Biasanya pemakaman ini menampung banyak mayat alias pemakaman massal.

Selain sebagai pemakaman, tempat-tempat ini juga digunakan sebagai tempat wisata bahkan catacombs tour juga ada, lho.

1. Roma Catacombs

7 Pemakaman Bawah Tanah yang Indah Sekaligus Menyeramkan 

Catacombs Roma adalah pemakaman bawah tanah yang digunakan oleh orang Yahudi dan Kristen pada abad kedua hingga kelima. Budaya catacombs ini dibawa oleh orang Yahudi dari Timur Tengah. Adanya harga tanah yang tinggi menyebabkan warga yang ingin mengubur kerabatnya harus pergi ke pinggir kota Roma.

Untuk menghemat biaya pemakaman yang mahal, orang-orang membuat terowongan dan kamar-kamar sehingga orang yang meninggal dapat diletakkan di kamar-kamar tersebut.

Di Roma sendiri terdapat 60 katakomba namun hanya lima yang dibuka untuk umum. Di antaranya adalah Catacombs of San Sebastiano, Catacombs of San Callisto, Catacombs of Priscilla, Catacombs of Domitilla dan Catacombs of Sant’Agnese. Jika ingin berkunjung ada pemandu wisata yang biaya sudah termasuk biaya tiket masuk.

2. Paris Catacombs

7 Pemakaman Bawah Tanah yang Indah Sekaligus Menyeramkan 

Paris Catacombs atau katakomba Paris adalah salah satu pemakaman yang terkenal dan menjadi katakomba terbesar di Eropa. Katakomba ini beralamat di 1 av. du Colonel Henri Rol-Tanguy 75014 Paris. Awalnya Paris Catacombs diberi nama Paris Municipal Ossuary lalu kini diganti Paris Catacombs.

Catacombs ini mulai dibuka untuk umum pada tahun 1809, yang mana sebelumnya telah dilakukan beberapa kali evakuasi mayat pada tahun 1785 hingga 1787. Kini Paris Cotocombs menjadi tempat wisata yang buka pada hari Selasa hingga Minggu pukul 10.00 pagi hingga 08.30 malam.

3. Catacombs of kom el shoqafa

7 Pemakaman Bawah Tanah yang Indah Sekaligus Menyeramkan 

Catacombs of kom el shoqafa adalah katakomba yang berada di Alexandria, Mesir. Katakomba ini ditemukan oleh seorang keledai yang terperosok ke dalam lubang dan ditemukanlah katakomba kuno bernama kom el shoqafa.

Tak hanya berisi mayat-mayat menyeramkan, di sini juga ada patung, ukiran-ukiran dan peninggalan arkeologis dari zaman Yunani-Romawi dengan gaya Romawi, Yunani, dan Mesir. Catacombs of kom el shoqafa dibuka untuk umum setiap hari pukul 8 pagi hingga 4 sore.

4. Palermo Capuchin Catacombs

7 Pemakaman Bawah Tanah yang Indah Sekaligus Menyeramkan 

Palermo Capuchin Catacombs adalah katakomba yang terletak di Palermo, Sisilia, Italia selatan. Katakomba ini awalnya timbul dari keresahan pihak gereja di mana penguburan banyak membutuhkan tempat dibanding gereja itu sendiri.

Katakomba dibangun dengan membalsem orang-orang dan disematkan di dinding-dinding dengan pakaian terbaik mereka. Mayat tertua yang dimiliki katakomba ini adalah Silvestro da Gubbio, seorang biarawan dan termuda adalah Rosalia Lombardo yang dibalsem pada tahun 1920.

Katakomba ini buka setiap hari pada pukul 9 pagi hingga jam 1 siang dan buka kembali pada pukul 3 sore hingga 7 malam.

5. Rabat Catacombs Malta

7 Pemakaman Bawah Tanah yang Indah Sekaligus Menyeramkan 

Rabat Catacombs Malta adalah katakomba yang terletak di desa Rabat, Malta. Katakomba ini digunakan dari abad keempat hingga kesembilan oleh orang-orang yang beragama Kristen, Yahudi dan berhala.

Hal yang menarik di dalam katakomba ini adalah agape tables atau triclinia. Agape tables atau triclinia adalah meja bundar dengan sofa yang digunakan untuk memperingati orang mati. Katakomba ini dapat dikunjungi setiap hari yang buka pada pukul 9 pagi hingga 6 malam.

6. St. stephen's Cathedral Vienna

7 Pemakaman Bawah Tanah yang Indah Sekaligus Menyeramkan 

St. stephen's Cathedral Vienna adalah katedral induk yang berada di pusat kota Wina, Austria. Katedral ini dibangun pada tahun 1137 hingga tahun 1160 dan merupakan katedral penting di Wina.

Walaupun terlihat mewah, di bagian bawah tanah terdapat katakomba yang penuh dengan tenggorak-tenggorak yang berasal dari tahun 1730-an. Hal itu terjadi karena ada pengosongan arena perkuburan untuk menghambat penyakit pes pada tahun tersebut, sehingga tengkorak-tengkorak diungsikan di bawah tanah.

7. Brno Ossuary

7 Pemakaman Bawah Tanah yang Indah Sekaligus Menyeramkan 

Brno Ossuary adalah pemakaman terbesar kedua di Eropa yang terletak di Jakubské nám., 658 78 Brno-střed, Ceko. Brno Ossuary menampung paling tindak 50.000 mayat yang sudah berubah menjadi tenggorak dan bertumpuk rapi di bawah Lapangan St. Jacob's.

Mayat ini diperkirakan ada pada abad ke-17 hingga 18 yang merupakan korban dari wabah penyakit kolera, korban peperangan dan pengepungan swedia. Brno Ossuary bisa dikunjungi pada hari Selasa hingga Minggu pukul 08.30 pagi hingga 6 malam.

Itu adalah katakomba yang ada di dunia. Tak melulu menyeramkan bahkan beberapa tempat memberi nilai artistik yang indah. Selain itu, katakomba ini juga sarat akan sejarah kehidupan.

Kapan ke sana?



from IDN Times
via If This Then That

0 Komentar